Saturday , June 12 2021

Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta ~ Stekotiarchi

Ciri khasnya stan pintu muka dari graha tersebut menghadap ke petunjuk satu di antara sisi dibanding bidang atapnya. Dengan demikian jika ditinjau dari arah muka rumah, tampak dengan terbuka ke seluruh garis suhunan yang melintang dari kiri ke kanan. Namun gedung tersebut dipergunakan oleh warga di daerah ini buat bangunan-bangunan lama yang kini masih banyak ditemukan. Paling utama di sepanjang jalan umum yang menghubungkan kota-kota Cirebon Bandung di daerah kecamatan tersebut.

Kalau tau keraton, nah itulah nun disebut dengan Bangsal Kencono. Sebuah rumah yang mempunyai desain khas dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono. Meskipun sudah lama dibangun, desain rumah ini masih luar biasa modern dengan tata lapangan dan arsitektur yang begitu unik. Rumah adat mulasaki adalah rumah adat dengan berasal dari Nusa Tenggara Timur, jadi hampir kolektif rumah adat Nusa Tenggara Barat. akan tetapi terdapat banyak perbedaan dari wujud arsitektur, dan juga filosofi.

wilayah istimewa yogyakarta memiliki satu keraton yang masih mempergunakan rumah adat bangsal kencono. rumah adat ini kadang khusus dirancang khusus untuk para penguasa tempo dulu baik itu rata ataupun ratu. hingga saat ini keraton Jogjakarta masih menggunakan rumah kebiasaan ini.

Di komunitas suku Badui, rumah adat Badui ini masih dilestarikan dan mudah dilihat. Bagian atap dibuat dengan bermacam-macam penyebutan, seperti jelopong, kano kurep, badak heuay, sibak pongpok, tegong anjing, jubleg, dan apit gunting. Kerangka bangunan tradisional Bali sosoknya sangat elok dan melambangkan agama mayoritas Hindu. Wisma adat Bali cukup barang-kali ditemukan di Pulau Pujaan ini, karena masyarakat sedang melestarikannya hingga saat ini. Ciri utama dari Candi Bentar adalah adalnya gapura di pintu masuk menempel rumah.

Pada Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat beberapa macam wisma adat yang digunakan sama masyarakatnya. Bentuk rumah adat di daerah ini tidak begitu berbeda dengan bentuk ataupun nama rumah adat yang terdapat di wilayah Jawa Tengah, karena adanya keterikatan budaya Jawa nun terdapat di kedua kawasan ini. Beberapa jenis graha adat yang terdapat pada Yogyakarta antara lain serupa berikut. Rumah Joglo – Indonesia mempunyai banyak akal budi yang terkenal hingga panggung internasional. Selain pulau Bali dan wisata Indonesia Sesi Timur, daerah bernama Yogyakarta juga sudah termasyur guna turis-turis luar Negeri.

Rumah kebiasaan baloy terinspirasi dibanding rumah adat suk tidung yang juga berada di Kalimantan Utara. Rumah adat gapura candi bentar ialah rumah adat yang berasal dari provinsi Bali. Rumah Badui merupakan rumah kebiasaan yang berasal dari provinsi Banten. Rumah adat kebaya merupakan rumah adat dengan berasal dari provinsi DKI Jakarta.

Beberapa ruangan itu di antaranya Lapangan Samboyang, Tangnga Boyang, Bu’i Boyang, Paceko, Tapang, Lego-lego, Naong Boyang, dan lainnya. Masing-masing ruangan memiliki manfaat sendiri seperti ruang Samboyang untuk menerima tamu.

Rumah adat nowou sesat merupakan rumah etiket yang berasal dari daerah Lampung. Rumah adat perabung lima merupakan rumah kebiasaan yang berasal dari daerah Bengkulu. Rumah adat limas merupakan rumah adat dengan berasal dari provinsi Sumatera Selatan.

Sedangkan desainnya bercirikan tanpa jendela dengan ukuran yang kecil. Dengan genting berbentuk melengkung dan jika dilihat akan seperti jamur. Tentunya rumah ini memiliki arti dan sejarah tersendiri kira masyarakat papua. Bhinneka unik ika menandakan bahwa indonesia sangat beragam akan tamadun, suku, ras, dan kepercayaan termasuk salah satunya wisma adat Indonesia. Selain untuk tempat tinggal rumah kebiasaan juga merupakan peninggalan silsilah nenek moyang bangsa indonesia nun harus dilestarikan.

Tak terkecuali dengan suku adat Kokoda nun tinggal di kampung Warmon Kokoda, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong. Ciri khas wisma adat ini adalah memiliki karakteristik arsitektur yang unik. Rumah adat ini dibangun dengan empat lantai beserta teknik kontruksi kayu kait tanpa pasak dan paku.

Ciri khas graha adat Jawa Tengah adalah memiliki bubungan tinggi penyangga tiang pada bagian tengahnya. Ditinjau dari bahan bangunannya, terbuat dari bahan sirap / genting tanah.

elain dikenal sebagai tempat tinggal Raja, Bangsal Kencono kalau dilihat sekilas mirip model rumah Joglo namun ukurannya lebih luas, besar serta lebar. Bentuk fisik wisma adat Daerah Istimewa Yogyakarta “Bangsal kencono” yang terdapat di Kraton ini sebagai poros utama identitas akal budi masyarakat Jogja.

Tempat Yogyakarta memiliki rumah adat bernama Rumah Bangsal Kencono Keraton. Sultan Hamengkubuwono I membangun rumah yang sekalian difungsikan sebagai istana.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak akan mengurangi fungsi dari graha adat ini sedikitpun. Ia akan tetap menjadi saluran untuk berbagai aktivitas nun dilakukan oleh warga Warmon Kokoda. “Kami sendiri memang membutuhkan rumah adat tersebut, karena rumah inilah dengan menjadikan kami bisa mangap ‘saya orang Kokoda’. Rumah adat dalam sejarah budaya kami memang sudah tidak bisa dilepaskan. Rumah etiket ini akan menjadi pelindung untuk seluruh kegiatan bertepatan.

Karena, tidak lumayan pula makanan khas Indonesia yang tercipta akibat pengaruh dan percampuran dari akal budi lain, misalnya seperti Arab, India, dan China. Jika melihat dari sejarah Kota Yogyakarta, keraton merupakan titik berat dari adat istiadat serta budaya masyarakat Yogyakarta. Terlintas kini, ciri khas, adat istiadat serta budaya dibanding Keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau biasa disebut Keraton Yogyakarta terus dipertahankan. Hal inilah yang membuat jumlah turis berbondong datang ke Yogyakarta untuk melihat kurang lebih kesenian khas Kota Yogyakarta seperti, Sendatari Ramayana, Upacara Grebeg Maulud, dan Kecil Wayang Jawa. Nama Sibak Palayu biasanya ditemukan pada daerah Kecamatan Tomo, Kota Sumedang.

Graha adat ini memiliki cirri-ciri menyerupai pura dan memiliki gapura di depan rumahnya. Rumah adat Bali ini lebih sering digunakan untuk upacara besar sehingga sedang sangat kental dengan tamadun dan agama. Anda masih bisa menemukan rumah etiket Gapura Candi Bentar secara mudah ketika berkunjung di Bali, karena masyarakat Bali sangat menjaga kebudayaannya. Sedikit lebih ada puluhan macam rumah adat di Nusantara yang memiliki cirri khas dan bentuk yang berbeda-beda. Hal ini menandakan jika masyarakat Indonesia sejak dulu memiliki jiwa kekreatifan & keserasian yang tinggi.

Sama seperti namanya, wisma ini memiliki bentuk yang cukup panjang. Dengan kaum tiang di bawahnya, membuatnya seperti rumah panggung. Sebagai informasi, rumah ini ternyata tidak hanya berfungsi sebagai rumah tinggal saja, tapi juga untuk beternak, terlintas tempat untuk menyimpan dampak panen.

Mahligai ini merupakan tempat tinggal raja-raja selanjutnya dan tetap dipakai sebagai pusat pemerintahan serta adat istiadat. Bangunan Balai Kencono mirip dengan gedung joglo tetapi memiliki ukuran yang lebih luas, besar, dan lebar. sultansinindonesieblog. files. wordpress. comRumah Adat Dalam Loka sekilas terlihat sangat megah, dengan dua ruangan utama yang dibuat cukup tinggi dan besar. Disematkan lagi terdapat tangga sekali lalu pintu masuk yang cukup besar dan memiliki kapa-kapa tersendiri membuatnya terlihat luar biasa megah.

Pada propinsi Sulawesi Tenggara, rumah adatnya dinamakan rumah Buton. Rumah primitif ini memiliki rancangan empat lantai dan dibangun secara cara kait kayu tanpa paku maupun pasak.

Suku Baduy adalah salah satu suku pada negeri yang masih merenggangkan diri dari dunia luar, serta memegang teguh tradisi dan hukum adat. Sebagai graha adat tradisional, rumah etiket Joglo tentu punya petunjuk khas dan keunikannya yang beda yang berbeda dengan rumah adat lainnya. Jika dipandang memang rumah ini model menyerupai rumah adat daripada Provinsi Jawa Tengah. Mulai dari dari tiang penyangga sampai dengan penggunaan bahan atap & dinding bangunan.

Rumah adat berjarak merupakan rumah adat nun berasal dari provinsi Jambi. Gambaran rumah bolon merupakan bentuknya panggung yang berisi dari beberapa tiang berlekuk tengah yang menjadi penyanggahnya. Dinding rumah bolon dihiasi dengan ornamen khas Simalungun yang berwarna merah, bersih, dan hitam.

Rumah adat tambi ialah rumah adat tradisional dengan berasal dari Sulawesi Sentral, rumah ini memilki kerangka persegi panjang. Rumah tanean lanjhan merupakan rumah adat yang berasal dari Madura dan Jawa Timur, Akan tetapi jika dinilai dari gatra aspek kebudayaan dan juga adat. Rumah limas adalah graha adat Indonesia sekaligus tersangkut cukup menarik, dimana wujud atap rumah yang menyimpan atap bentuk limas. Beserta gaya arsitektur lantai kepil, bertingkat berbentuk panggung.

@eddiemontgomerysteakhouse. comRumah khas Bangka Kunau disebut dengan Rumah Rakit Limas. Ada tiga macam dari rumah adat Bangka Belitung, yakni Rumah Rakit, Rumah Limas, serta Rumah Panggung. Sekarang, rumah Getek banyak dibangun di sisi sungai Musi, yang mana ditempati oleh orang keturunan Tionghoa.

Pada bagian dinding pun terbuat dari gawang yang dihiasi dengan painting. Untuk atapnya sendiri, dibuat dari daun rumbia dan lantainya yang terbuat dibanding bambu atau enau.

Yogyakarta menjadi satu diantara dari 3 Daerah Istimewa di Nusantara, karena itulah daerah nun berada di kawasan Jawa Tengah ini kental secara kebudayaannya yang mempunyai ciri khas tersendiri. Salah satu nun menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun luar Negeri adalah rumah etiket Yogyakarta yang hingga saat ini masih terawat dan dilestarikan oleh pemerintah daerahnya.

Gapura candi, merupakan graha adat yang berasal dari Bali, Pura ini sedang menganggkat dan mejunjung semampai. Sebagian besar rumah etiket Indonesia menggunakan bahan kayu asli dalam proses pembuatannya. Terdapat keistimewaan tersendiri pada Rumah Adat Pewaris yaitu dalam hal pembagian ruangannya. Ada tempat khusus dengan berfungsi sebagai tempat buat menyambut kedatangan para tamu yang disebut dengan setup emperan. Terdapat ruangan yang berguna sebagai kamar tidur dan ruangan untuk menutupi lumbung padi dan santapan yang diberi nama ruangan sangkor.

Tentunya, pembangunan rumah tradisional ini membutuhkan keterampilan yang tak bisa dianggap remeh. Aceh merupakan propinsi paling barat di Indonesia yang berkedudukan Daerah Istimewa seperi Yogyakarta.

Selain ini rumah adat ini juga memiliki arti pentingterhadap kemajuankronologi, pertambahan, pertumbuhan, perubahan, perurutan, urut-urutan, peradaban dan bukti kesanggupan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Usang, rumah tradisional ini cuma untuk raja dan raja atau kepala suku. Penuh di daerah NTB yang warganya masih tinggal pada dalam rumah kuno ini. Rumah tradisional Tambi adalah rumah adat dari Sulawesi Tengah. Rumah ini sosoknya persegi panjang dan arsitekturnya menganur konsep rumah teater.

Rumah rakit merupakan graha adat yang berasal dari Bangka Belitung. Rumah adat melayu selaso merupakan rumah adat yang berasa dibanding provinsi Riau. Sebagai masyarakat Indonesia yang bangga secara Negara, kita sebaiknya selamanya menjaga & melestarikan keindahan budaya & adat yang unik member miliki.

Ornamen tersebut menggambarkan pendangan kosmologis serta filosofi budaya suku Pengembara. Rumah Honai adalah wisma adat dari papua Barat, dengan bangunan yang sedang unik bagaikan jamur dengan tersebar rata di segala desa. Rumah adat itu terbuat dari kayu & jerami ilalang yang ditata rapi padat. Jika graha adat di daerah yang lain berukuran besar, rumah kebiasaan Papua barat memiliki ukuran yang minimalis dan tersangkut sempit. Kalau rumah kebiasaan Provinsi Bali memiliki sebutan Gapura Candi Bentar.

Ini lah yang membuat Rumah Betang menjadi rumah terbesar ke dua di Indonesia. google web. comRumah yang berikut ini berasal dari Provinsi Kalimantan Barat yaitu Rumah Jenjang.

Biasanya rumah tersebut digunakan sebagai tempat tinggal sekaligus warung untuk berjualan. Rumah Kampung merupakan graha rakyat biasa yang memiliki kerangka atap seimbang antara bingkai kiri dan kanannya oleh karena itu membentuk segitiga runcing. Dulunya para abdi dalem keraton, terutama mereka yang sedang mempunyai hubungan kekerabatan secara kesultanan yogyakarta memiliki graha joglo yang terbilang gede. Rumahnya dibuat dari jalinan bambu dengan atp dibanding bahan ilalang.

Sementara buat bagian rumah adat Balai Kencono sendiri dibagi bagi 3 bagian besar yakni roman, bagian inti, serta bagian belakang. Identitas adalah sebuah hak yang dimiliki oleh setiap manusia yang dengannya setiap individu sebagai berbeda atau pun tentu dengan yang lainnya. Perlawanan atau kesamaan itu menjelmakan setiap orang beragam & ini adalah hal telak yang tidak terbantahkan lagi. Ia merupakan anugerah dan apabila kita mampu memahaminya maka ia akan menjadi indah. Masing-masing identitas memiliki karakteristik unik yang di dalamnya terkandung kekayaan sosial dan budaya.

rumah adat daerah istimewa yogyakarta

google. comNah, rumah yang satu ini punya desain yang hampir mirip dengan Rumah Panjang daripada Kalimantan Barat. Rumah Betang memilki bentuk dan standar lebih besar, sedangkan Graha Panjang ukuran tanahnya kian luas. Rumah ini dibangun dengan luas tanah berjarak 150xlebar 30 meter semampai mencapai 3-5 meter. Oleh karena itu, jika dilakukan penghitungan, rumah adat ini mampu menegah sedikitnya 150 jiwa.

Bahkan, jika dilihat, rumah adat bernama Lamin ini memiliki desain yang kian menarik daripada rumah adat lainnya yang berada di daerah Kalimantan. Seolah tidak mau kalah dengan wisma adat lainnya, Rumah Pajangan ini juga termasuk graha adat pertama di Nusantara, loh.

Rumah ini dapat dibilang merupakan rumah dengan paling sederhana dibandingkan rumah adat yang lain. Mortar, rumah inilah rumah pertama-tama yang digunakan oleh warga untuk berlindungan dari gawat terik dan hujan. Wisma adat Yogyakarta ini luar biasa sederhana dan hanya mempunyai satu ruangan saja. rumah joglo yogyakartaRumah ini sering disebut sebagai rumah Jawa yang memiliki arsitektur mengelokkan sempurna, karena sangat kuat dan bentuknya besar. Graha ini memiliki empat tiang pokok yang digunakan untuk penguat, dan seluruh bagian rumahnya menggunakan kayu berkualitas.

Suku Badui nun pemukimannya di daerah Banten khususnya wilaya pelosok ujung kulon dan pedesaan mempunyai rumah adat tersendiri. Kerangka rumah adat ini platform dan ditopang dengan kurang lebih pilar penyangga di bawahnya.

Daripada Sabang sampai Merauke ditemui rumah adat yang punya desain bangunan berbeda-beda yang sangat unik. Dalam menghasilkan rumat adat tersebut para nenek moyang memiliki rancangan dan structural yang disesuaikan dengan kebutuhan, adat & budayanya masing-masing. google. comSalah satu suku asli dengan mendiami Provinsi Sulawesi Utara berasal dari Minahasa dan memiliki rumah adat nun menyerupai rumah panggung yang disebut dengan Rumah Pewaris. Rumah Pewaris ini ialah rumah welawangkoa atau rumah peninggalan para leluhur terdahulu. Seperti yang terlihat gambar rumah adat Aceh di atas, memiliki bentuk petak panjang dan dibuat memanjang dari arah timur di barat.

Rumah adat ini dibangun oleh umat asli Sulawesi Utara, ialah Suku Minahasa. Rumah kebiasaan baloy merupakan rumah adat yang berasal dari daerah Kalimantan Utara.

rumah adat daerah istimewa yogyakarta

Rumah etiket dolohupa merupakan rumah kebiasaan yang berasal dari provinsi Gorontalo. Rumah adat tongkonan merupakan rumah adat nun berasal dari provinsi Sumatera Selatan. Rumah adat buton malige merupakan rumah kebiasaan yang berasal dari wilayah Sulawesi Tenggara. Rumah etiket tambi merupakan rumah etiket yang berasal dari daerah Sulawesi Tengah. Rumah adat pewaris adalah rumah adat yang berasal dari wilayah Sulawesi Utara.

Mulai dari sasi etiket, menyelesaikan masalah, hingga menjamu teman-teman mahasiswa ini. Jika setelah ini akan tersedia yang datang lagi di Warmon Kokoda, akan abdi jamu di rumah adat, ” ujar Awami Adine yang juga merupakan tetua kebiasaan di kampung Warmon Kokoda. Ia menyampaikan bahwa kapasitas rumah adat dalam struktur sosial dan budaya itu adalah sebuah keharusan dan memang penting untuk melestarikan kelestarian identitas suku Kokoda yang mereka miliki. Itu menjadi penting disadari, polos diri dan seni-budaya lokal perlu dilestraikan dan dikembangkan sesuai era kekinian. Museum ini didirikan oleh seorang Belanda yang bernama Mr. Mondelar Countrolleur pada tercecer 1 Juli 1935, nyata bangunan berupa rumah konvensional yang memiliki anjuang kiri dan kanan.

Rumah ini memiliki tonggak dengan bangunan berbentuk petak panjang. Makna dari Selaso jatuh kembar sendiri adalah rumah dengan lantai bertambah bawah dibandingkan dengan ruang tengah. Masing-masing jenis wisma Bolon memiliki desain dengan berbeda-beda. Keunikan rumah Krong Bade ternyata mampu membeslah perhatian para turis yang datang ke Aceh. google. comKalimantan Timur ternyata juge memiliki rumah adat nun tidak kalah unik, loh.

Rumah adat Nangroe Aceh Darussalam yang bernama rumah Kronge Bade ini berbentuk rumah panggung dan dibuat dari bahan kayu, genting rumbia serta lantai bambu. Bergeser ke Banten & Jawa Barat, terdapat rumah adat yang dinamakan rumah Badui. Ditinggali oleh Urang Kanekes atau Orang Baduy yang saat ini populasi mereka sekitar 26. 000 orang.

Keunikannnya adalah graha Mod Aki Aksa tersebut mempunyai seribu penyangga dan berbentuk panggung. @desainrumahkayujepang. blogspot. comRumah tradisional khas Sulawesi Tengah dinamakan Rumah Wakil. Rumah ini adalah wisma yang khusus dihuni oleh suku Lore dan puak Kali yang merupakan mayoritas masyarakat di sana. @rumahulin. comSesuai dengan namanya, Wisma Gapura, rumah ini sedianya adalah sebuah bangunan dengan dijadikan gerbang rumah-rumah konvensional Bali. Gapura itu punya dua buah candi yang memiliki bentuk serupa yang berfungsi untuk membatasi bingkai kanan dan sisi kiri pintu masuk ke daerah pekarangan.

Sebab, Rumah Jenjang memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga dapat diisi dengan jumlah banyak. Selain memiliki berbagai ragam kuliner, Indonesia juga kaya bakal upacara adat dan tarian daerah dari berbagi penjuru Nusantara. Keberagaman yang dimiliki Indonesia juga dapat jadi sebagai identitas bangsa sebagaimana makanan.

Rumah adat itu tergolong memiliki arsitek nun sangat mengagumkan bahkan di zaman sekarang sekalipun. Wisma adat dalam loka sendiri berasal dari Nusa Tenggara Barat, tepatnya dimiliki sambil suku sasak yang menetap di NTB tersebut.

Rumah tradisional ini dibangun oleh masyarakat suku bugis dan suku toraja. Ciri utama dari rumah Mandar adalah teras yang ukuran dan anak tangga berjumlah ganjil. Rumah Lamin sebagai rumah adat paling raksasa jika dibandingkan dengan wisma asli Indonesia lainnya. Gedung ini punya cukup ruang untuk menjadi pondok bagi 250 orang atau 40 hingga 50 keluarga. Walaupun berdekatan dengan Riau, akan tetapi rumah kuno kepulauan Riau memiliki ciri khas serta perbedaan.

Graha adat ini bisa dipakai oleh ketua adat ataupun petinggi di suatu lokasi yang terletak di Nusa Tenggara Barat Tersebut. thegorbalsla. comRumah Rakyat merupakan rumah adat Indonesia yang berada di Provinsi Bengkulu dan merupakan rumah adat nun cukup lengkap walaupun bukan selengkap Rumah Adat Jambi. Terdapat sebuah ruangan dengan disebut dengan ruang berendo yang berfungsi sebagai lokasi menerima tamu. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berendo artinya adalah beranda.

@elizato. comRumah tradisional khas provinsi Riau ialah Rumah Melayu Selaso. Ada hal yang menarik dibanding rumah Adat Riau yaitu memiliki ukiran yang menjadi ciri khasnya. Ukiran dalam dalam rumah mengambil daripada tema alam yaitu tawon bergayut, pucuk rebung, selembayung, dan lain sebagainya. Genting rumah Panggang Pe ialah atap yang paling bersahaja dibanding empat model lainnya karena berbentuk miring ke satu sisi atau ukuran sebelah.

Terjumpa sebuah kamar utama yang biasa disebut dengan celah blik gadang. Sedangkan, lubang untuk anak perempuan biasa disebut dengan ruang blik gadis dan kamar buat anak laki-laki disebut dengan ruang laki. Rumah panggang-pe merupakan bentuk rumah nun paling sederhana dan ialah bangunan dasar. Inilah gedung pertama yang dipakai orang untuk berlindung dari seloroh angin, udara dingin, uap hujan, dan terik matahari.

Rumah adat Indonesia yang berasal dari Riau bernama Selaso Jatuh Sama. Rumah tradisional Riau itu berbentuk panggung memiliki dua selasar, sesuai dengan maksud makan Selaso Jatuh Sama. Selasar yang lebih ringan digunakan untuk berkumpul rombongan atau disebut balai. Rumah Lgkojei merupakan rumah etiket yang berasal dari umat wamesa yang terletak di Provinsi Teluk Cendrawasih.

Nagroe aceh darussalam memiliki rumah adat berpanggilan rumah krong bade. Cuma beberapa saja, karena tuturan bencana tsunami yang mempora-porandakan wilayah aceh. Maka dari itu seluruh bangunan baru sekarang lebih ke bentuk arsitektur model rumah modern. Masyarakat papua terkenal dengan adatnya nun kental terbukti sampai saat ini masih menggunakan adat-adat tradisional dalam menjalankan kehidupan mereka. Salah satunya ialah tempat tinggal mereka yang rutin masih menggunakan desain wisma adat khas papua yaitu rumah Honai.

Graha mod aki bisa dibilang dengan rumah kaki sewu yang berasal dari Papua Barat. Bentuknya hampir miripdengan rumah adat honai, akan tetapi rumah adat tersebut berbentuk rumah adat platform. Karena rumah adat tersebut di buat dengan empat lantai, dan hanya menggunakan kait kayu, tanpa mengguanakan pasak dan paku. Semua itu menunjukan bahwasanya bangsa sulawesi tenggara, mempunyai keterampilan bangunan yang luar biasa.

Di Indonesia terdapat ribuan suku bangsa yang mendiami sepanjang area kepulauan negara ini. Pada setiap suku bangsa memiliki unsur kebudayaan mulai dari bahasa, upacara adat, tari tradisional, makanan, rumah adat, serta unsur lain yang bertentangan dengan suku lainnya. Kerangka kearifan lokal ini merupakan harta yang sangat syahdu bagi Indonesia. @adat-tradisional. blogspot. comRumah tradisional khas Papua Barat bernama Rumah Mod Aki Aksa. Suku dengan bertempat tinggal di wisma ini adalah Suku Arfak, lokasinya berada di kawasan manokwari.

Hampir semua bahan bangunan masih tampak ketradisionalannya, seperti atap gedung dari ijuk, dinding kayu/bambu serta berlantai kayu. Wisma adat baileo merupakan graha adat yang berasal dari provinsi Maluku.

Di sekelilingnya ditegakkan benteng dari anyaman bambu ataupun papan. Rumah limasan adalah rumah adat tradisional dengan sering digunakan oleh warga yang ada di Yogyakarta. Rumah adat ini mempunyai desain yang sederhana & tidak membutuhkan banyak upah dalam pembuatan rumahnya. Rekapitulas sederhana ini digunakan untuk membuat rumah dengan ukuran kecil. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mencocok antara rumah adat Bangsal Kencono dengan desain rumah-rumah adat di kawasan Jawa Tengah.

About Icha

Check Also

Posisi Rumah Menghadap Timur Banyak Menyerap Energi Kejam? Apa Benar?

Dalam membangun rumah Islami sebaiknya sangat perlu untuk mempertimbangkan kesehatan rumah. Dimana kesehatan rumah mampu …